Bensin merupakan bahan bakar yang paling
banyak dipakai untuk kendaraan dibandingkan bahan bakar lainnya seperti solar dan
gas. Kenaikan harga minyak dunia mengakibatkan kenaikan harga bensin juga,
sehingga biaya yang di pakai untuk BBM kendaraan kita menjadi meningkat. Ada
beberapa cara menghemat bensin motor anda . Di bawah ini akan dibahas bagaimana
cara menghemat bensin agar pengeluaran anda menjadi lebih minimal meski ada
kenaikan harga minyak dunia.
1. Cek Tekanan Ban
Sepele memang, tapi besar manfaatnya
dalam menghemat konsumsi BBM. Karena kalau tekanan angin kurang, dapat
menimbulkan keborosan BBM 10-15%. Jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan
selalu tepat sebelum mengendarainya.
2. Panaskan Mesin Motor
Panaskan mesin motor cukup satu menit
tak usah kuatir tidak panas, karena motor-motor zaman sekarang didesain lebih
canggih , memanaskan mesin motor selama satu menit sudah baik. Tapi kalau
kelamaan memanaskan mesin motor anda mengakibatkan knalpot menjadi merah dan
cepat keropos karena terlalu panas.
3.Atur Jarak Main Rem
Apabila rem sampai menempel, tentu akan
membuat lari motor jadi berat. Sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama
jarak tempuh motor. Maka dari itu, atur jarak main tuas rem motor baik depan
maupun belakang minimal 1/3 dr jarak main tuas secara keseluruhan. Jangan
telalu rapat, karena dikhawatirkan kampas rem jadi menempel.
4. Perhatikan Jarak
Perhatikan juga sampai jarak berapa dari
stang motor mulai bergerak. sekitar 50% dari jarak yang ada merupakan jarak
yang baik. Jangan menggeber-geber gas tapi dengan tarikan yang halus dan
stabil. Kemudikan motor secara baik dan benar dapat menghemat bahan bakar sampai
15%. Gerakkan gas dengan cara halus pada mesin yang menggunakan RPM meter,
usahakan RPM tidak melewati 50% atau pertahankan kecepatan motor lebih sering
pada antara 50-70 km/jam. Pada saat kecepatan di atas 70 km/jam.
5. Pelumas
Daya lumas oli yg baik mampu membuat
kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar
sempurna. Ini akan menciptakan power mesin lebih optimal, sehingga lari motor
lebih cepat (jarak tempuh jauh), namun bensin hemat. Ingat pengantian oli
secara rutin dan tak melebihi batas servis yang di anjurkan (tiap
2.000-2.500KM) akan membuat performa mesin selalu segar dan putaran yang
lancar.
6. Setel Klep
Celah klep terlalu longgar atau rapat
bisa membuat tenaga mesin turun. Pengendara pun cenderung membetot gas lebih
dalam demi meraih akselerasi cepat. Efeknya BBM banyak terpakai, untuk itu,
kerenggangan komponen ini harus disetel tepat sesuai spesifikasi motor
masing-masing.
7. Stel Kopling
Stelannya jangan sampai terlalu
sensitif. Maksudnya, saat tuas kopling ditekan, gigitan kampas kopling jadi
cepat ngelos. Hal ini membuat kopling mudah selip saat gas di pelintir. Lari
motor pun jadi tertahan, tapi putaran mesin meninggi. Selain itu, pastikan pula
kondisi kampas kopling masih berperforma baik. bisa sudah tipis/aus segeralah
ganti baru.
8. Gaya Berkendara
Kemacetan seolah telah menjadi fitur
baru di jalanan kota-kota besar di Indonesia. Akibatnya, selain memicu stress
si pengendara mobil, konsumsi BBM pun bertambah. Dan kedua hal ini tanpa
disadari sebenarnya saling berhubungan. Berbagai survei mengatakan bahwa
tingkat stres tinggi pada seseorang akan lebih mudah memacu kendaraan lebih
kencang tanpa memperhitungkan sekelilingnya. Alhasil BBM yang terkonsumsi mesin
pun makin banyak.
9. Masalah Busi
Umur kerja busi efektifnya sampai jarak
tempuh 6.000-7.000KM. Lebih dari itu performa busi mulai menurun. Hasil
pembakaran di ruang bakar juga ngedrop, alhasil pemakaian BBM menjadi boros
sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan sempurna, tenaga mesin pun loyo. Oh
ya, bila umur busi masih efektif, rajinlah dibersihkan saat servis rutin sebab
bila elektroda busi sampai diselimuti kerak bisa menurunkan kualitas percikan
busi. Selain itu, atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yg
di anjurkan.
10. Filter Udara
Filter jenis viscous element tak boleh
di bersihkan atau disemprot angin bertekanan, sebab akan merusak filter dan
melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya. Bila tampak kotor harus diganti
baru, tapi yg berbahan busa masih bisa dicuci. Selain menghemat konsumsi BBM,
tarikan motor pun jauh lebih enteng.
11. Servis/Setel Karburator (tidak berlaku untuk
injeksi)
Di anjurkan tiap kali servis rutin guna
menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran. Sehingga selalu
didapat efek pengabutan bahan bakar yg sempurna. Selain itu, setelan ketinggian
pelampung, sekrup udara atau pilot air screw juga sangat mempengaruhi hasil
pembakaran mesin. Bila dilakukan tepat, dapat memperbaiki power mesin hingga
0,5dk dan tentu berdampak membuat irit konsumsi BBM.
12. Gunakan Pertamax
Tips selanjutnya adalah untuk kendaraan
berbahan bakar bensin yang sederhana cuma perlu merogoh kocek lebih banyak
yaitu gunakan bahan bakar non timbal atau pertamax. Walaupun harga lebih mahal
dibanding premium, tapi manfaatnya bagi kendaraan Anda begitu besar. Jika Anda
ingin mengganti kebiasaan pengisian bahan bakar premium ke pertamax, kami
sarankan melakukan dengan perbandingan awal minimal 20% sisa bahan bakar atau
kalau bisa tersisa hanya 10% - 15%, baru lakukan pengisian dengan pertamax.
13. Gunakan BBM Sesuai Karakter Motor
Bila misalnya motor Anda hanya perlu
menggunakan BBM dari jenis premium, tak perlu Anda ganti dengan pertamax atau
pertamax plus hanya dengan keyakinan motor bakal berlari lebih kencang.
Pabrikan sebetulnya telah membuat komposisi paling ideal antara tipe mesin
dengan jenis BBM. Untuk contoh di atas, memang motor ber-BBM premium akan lebih
kencang bila diberi pertamax. Tapi, itu akan membuat motor bersangkutan
mengonsumsi BBM lebih banyak (yang pasti harganya lebih mahal). Demikian pula
sebaliknya. Jika motor memang direkomendasikan harus menggunakan pertamax,
jangan menurunkan kualitas dengan memakai BBM premium. Selain akan membuat
mesin ngelitik, penurunan spesifikasi BBM yang digunakan justru akan membuat
motor boros konsumsi BBM-nya.
14. Cara Berkendara
Kesemua cara ngiritin BBM ini akan
percuma bila tak dibarengi cara berkendara yang benar. Kalau anda masih suka
kebut-kebutan, sering memblayer gas saat motor berhenti, sering main selip
kopling dan lainnya. Sebaiknya, jalankan motor dengan kalem, mengurut gas
perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan perseneling pada kondisi
kecepatan dan putaran mesin yang pas, dijamin konsumsi BBM anda akan jauh lebih
irit. Demikianlah sekelumit cara menghemat bensin motor anda, semoga bermanfaat!